Senin, 03 Juni 2013

Biografi Tabib Lukas




 Biografi Tabib Lukas  

 

oleh 

Matius Sobolim


Tema         : Mengikut Yesu Kristus Menggal Profesi
Nas            :  Kol. 4: 14

1.    Lukas Secara etimologi.

Tabib Lukas

Lukas atau kadang kala juga disebut Lukas sang Penginjil (Ibrani: לוקא; Yunani: Λουκάς Loukás) adalah salah seorang pemimpin pertama umat Kristiani yang oleh tradisi dipercaya sebagai penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul buku ketiga dan kelima dari Kitab Perjanjian Baru.









                                                 Biagrafi Lukas

a)    Profesi Lukas
Lukas adalah seorang Dokter atau Tabib yang dianggap satu-satunya ORANG KAFIR yang diilhami Allah untuk mencatat sebagian dari Firman-Nya yang cukup penting juga. Ia disebut kafir karena bukan orang Yahudi, melainkan orang Yunani. Di bawah bimbingan Roh Kudus, tabib Yunani itu menghasilkan riwayat hidup Tuhan Yesus yang paling lengkap, kurang lebih 50 % dari isi Kitab Injil Lukas tidak terdapat dalam kitab lainnya. Karena Dokter Lukas dalam menulis tidak hanya bersandar pada tulisan-tulisan yang sudah ada, ia pun melakukan serangkaian wawancara dengan para saksi mata di zaman Yesus hidup. (Lukas 1:2).

b)    Latar Belakang Tabib Lukas
Lukas berdarah Yunani, lahir di kota Antiokhia. Dalam Agama Katolik, ia dihormati sebagai santo pelindung para dokter dan ahli bedah, serta hari perayaannya ditetapkan tanggal 18 Oktober.


c)    Bukti Alkitab Tentang Tabib Lukas
            Catatan pertamanya ada di dalam Surat Rasul Paulus kepada Filemon, bab 24. Ia juga disebutkan di Kolose 4:14 dan 2 Timotius 4:11, dua surat yang umumnya dipercaya ditulis oleh  Rasul Paulus. Catatan awal mengenai Rasul Lukas juga ada di dalam dokumen Kata Pengantar Anti-Marsion Injil Lukas, sebuah dokumen yang pernah diperkirakan berasal dari abad ke-2 M, yang pada akhir-akhir ini dinyatakan berasal dari abad ke-4 M. Namun demikian, Helmut Koester menyatakan bahwa bagian berikut ini satu-satunya bagian yang tersimpan dalam Bahasa Yunani aslinya -kemungkinan memang sudah dibuat pada akhir abad ke-2 M:

d)    Lukas Buah pelayanan Paulus
            "Lukas, berasal dari Antiokhia dan berprofesi sebagai seorang dokter. Ia menjadi seorang murid dari para rasul dan kemudian mengikuti Paulus hingga kemartirannya. Setelah melayani Tuhan secara terus-menerus, hidup selibat dan tanpa anak, serta dipenuhi dengan Roh Kudus, ia wafat di usia 84 tahun. (halaman 335)"

e)    Akhir riwayat
Beberapa manuskrip menambahkan bahwa Lukas meninggal dunia "di Thebes, ibukota Boeotia". Semua fakta ini mendukung kesimpulan bahwa Lukas memiliki keterkaitan dengan Paulus.

Tradisi Gereja selanjutnya mengembangkan beberapa fakta ini. Epiphanus menyatakan bahwa Lukas adalah salah satu dari Tujuh Puluh Murid Tuhan yang diutus Yesus Kristus untuk menyebarkan ajaran-Nya (Panarion 51.11), meskipun fakta ini diragukan kebenarannya, mengingat Lukas baru menjadi Kristen setelah bertemu Paulus bertahun-tahun kemudian.

Yohanes Krisostomus mengindikasikan di suatu waktu bahwa seorang "saudara" yang disebutkan rasul Paulus di dalam 2 Korintus 8:18 adalah Lukas atau Barnabas. J. Wenham menegaskan bahwa Lukas merupakan "salah satu dari Tujuh Puluh Murid, murid dari Emmaus, Lucius dari Kirene, dan saudara dari rasul Paulus." Tidak semua ahli akademia seyakin Wenham dengan semua atribut Lukas tersebut, terutama karena pernyataan rasul Lukas sendiri di awal kitab Kisah Para Rasul yang mengakui bahwa dirinya bukanlah seorang saksi dari peristiwa-peristiwa Injil tersebut.

Apabila kita menerima bahwa rasul Lukas adalah benar penulis Injil, yang memiliki namanya dan juga kitab Kisah Para Rasul, beberapa informasi terperinci mengenai kehidupan pribadinya dapat diperkirakan dengan seksama. Walau ia tidak mengikut-sertakan dirinya sebagai saksi mata dari karya pelayanan Yesus Kristus, ia berulang kali menggunakan kata "kami" dalam menceritakan misi-misi rasul Paulus di Kisah Para Rasul. Ini mengindikasikan bahwa ia ada disana sepanjang waktu itu.

Ada juga bukti bahwa Lukas tinggal di Troas, sebuah provinsi yang meliputi tempat reruntuhan kota Troya, dimana ia menulis dalam Kisah Para Rasul sebagai orang ketiga perihal rasul Paulus dan perjelanannya hingga mereka tiba di Troas, dimana ia kemudian mengubah tulisannya menjadi orang pertama jamak. Bagian "kami" di dalam Kisah Para Rasul terus ada hingga rombongan tersebut kembali ke Troas, dimana tulisannya kembali menjadi orang ketiga. Perubahan ini terjadi lagi untuk kedua kalinya ketika rombongan tersebut tiba di Troas. Ada tiga "bagian kami" di dalam Kisah Para Rasul, semuanya mengikuti "aturan" tulisan ini. Lukas tidak pernah menyatakan bahwa ia tinggal di Troas, dan inilah satu-satunya bukti bahwa ia tinggal dan hidup di sana.



Implikasi Teologis
1.       Lukas adalah dokter; dia sebagai seorang sarjana dr, namun Ia sadar bahwa ada satu hal yang masi kurang yaitu Yesus dalam hidupnya maka Dia mengambil keputusan untuk brtobat.
2.       Lukas bukan orang Yahudi. Dia adalah orang Yunani, (orang Kafir) namun rencana Allah Agung menyelamatkan umat manusia sudah digenapi dalam diri Lukas. Itu adalah mewakili orang Asia dan Eropa.
3.       Provesi Lukas sebagai dokter adalah sebagai sarana dalam pelayanan. Dimana dia melayani sebagai medis dia percaya bahwa Yesus menyertai dia.
4.       Lukas juga seorang Intelektual yang terkemuka dari dunia kafir, namun imanya besar maka dia mengsponsori pelayanan dengan dana yang dia miliki.
5.       Lukas juga adalah seorang perama linggungan; perempati, pelayanan terhadap orang sakit sangat menyenangkan. 

Kesimpulan