Jumat, 14 Juni 2013

KematianYesus di KayuSalib

Tema: KematianYesus di KayuSalib



matius sobolim


Yesus di Salibkan

Dan Kristus telahmati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah bangkit untuk mereka" (2 Kor5 : 15). Surat Rasul Paulus kepada jemaat di Korintus secara khusus (2 Kor5 : 14 _ 21) telah menjelaskan artikematian Yesus di kayu salib, oleh karena Kasih Kristus yang telah menguasai/mendesak . ("Sunecho"= menekan, mendorong) dan rasul Paulus telah memberikan alasan-alasan Kasih Kristus yang telah menguasai/mendesaknya JikaKristustidakmatibagikitamakakitamatidalamhukuman, dalamdosa, dalampelanggaran, dalamkerohaniankitadandisambungdengankematiankekal. Iniadalahkeadaan yang sangatmenyedihkandanakanselaludalamkeadaan yang sangatmengerikan.
  1. Apa yang akankitaperbuatbagiKristus yang telahmatibagikita? Kita harushidupbagiDia!Ia telah mati untuk kita (Rm 5 : 6-8 ; 2 Kor 5: 21)
  1. Kita telahmatibersamaKristus (Rm 6 : 8 )



KematianKristustelahmelepaskankita, orang-orang beriman, darikematiankekaldankebangkitanNyamendatangkankehidupankekalbagikita.KematianKristusmempunyaipengertianganda, yaitu:
PadawaktuKristusmatiuntukmenggantikankita, makakeadilan Allah dinyatakandankitadibenarkan.
PadawaktukitamatibersamaKristus, makaitulah yang menjadidasarkekudusan.Kita harusmemandangdirikitatelahmatibagidosa, tetaphidupbagi Allah dalamKristusYesus. (Rm6 : 11 ; Gal 2 : 20)
Dan daripengertiangandaKematianKristustersebut, rasul Paulus telahmemberikan 3 akibatyaitu:

1. PEMBARUAN HIDUP
"Jadisiapa yang ada di dalamKristus, iaadalahciptaanbaru, yang lama sudahberlalu, sesungguhnya yang barusudahdatang" (2 Kor5 : 17)
Soal yang paling pentingialah "di dalamKristus".Bagaimanacaranyaseseorangada di dalamKristus?Setiap orang yang lahir di dalamduniaini, ada di "luarKristus", karenasemua orang telahberdosa.Bagaimanacaranyaseseorangberpindahdarikeadaan "di luarKristus" kepadakeadaan "ada di dalamKristus?". 

IaharusmempunyaiperubahandalampikirannyamengenaiKristus. JanganlahkitamenilaiKristusmenurutukuranmanusia, samasepertiduniamenilai Dia.
Ada di dalamKristus, berartidipersatukandenganKristus.Pada sat kitabertobatdanberimankepadaKristus,lalumengundangDiamasukdalamhatikitasebagaiJuruselamatkita, padasaatitukitaberada di dalamKristus. Itulah yang dimaksuddengandilahirkankembaliolehpekerjaanRoh Kudus dandengandemikiankitamengalamiperubahanhidup yang besarsehinggakitamerupakanciptaanbaru.Itulahpermulaan yang baru.
"Yang lama sudahberlalu"Yaitukecintaanakandosa, pikiran lama, prinsip lama dankebiasaan-kebiasaan lama "Yang barusudahdatang"Yaitu yang barudalamhati, pikiranperangai, maksuddantujuan. (Yoh3 : 3-7 ; Gal 6:15 ; Kol 1 : 23 ). Barudalampandanganterhadap Allah danKristusYesus.Barudalampandanganterhadapduniasekarangdan yang akandatang.

2. PENDAMAIAN
"Dan semuanyainidari Allah, yang denganperantaraanKristustelahmendamaikankitadengandiriNya....... Sebab Allah mendamaikanduniadengandiriNyaolehKristusdengantidakmemperhitungkanpelanggaranmereka..." (2 Kor5 : 18a ; 19a)
Manusiatelahberdosaterhadap Allah.Bukankarenadosa-dosanya yang kecilataubesar, tetapidosa-dosanyamerupakankedurhakaanterhadap Allah.Kedurhakaanitumenyebabkankitaberseterudengan Allah. (Bukan Allah yang berseterudengankita) Agar keduabelahpihakdapatberdamai, dasarperseteruan, yaitudosa, harusdicabutdandibuang.

Karena Allah adalahadildanbenar.Diaharusmembencidanmenghukumdosa.Sebabitu Allah bertindaklebihdulu.Allah senantiasamengasihikitadanpenuhrakhmat.Tetapi, keadilanNyaharusditunjukkanNya. (Rm3 : 26). KeadilanNyamenuntuthukumanatasdosa.Olehkarenaitu, Allah dengankasihNyatelahmengaruniakanAnakNyamenjadikorbanpendamaianbagidosa-dosakita. (Rm3 : 25 ; Kol 1 : 20 ; I Yoh 2 : 2, 4, 10). Allah telahmembukajalan agar kitadapatdiperdamaikandengan Dia. Allah telahmenghukumAnakNya di kayusalibkarenadosa-dosakita.PengorbanNyatelahmemmbukajalan agar kitadiperdamaikandengan Allah sebabperseteruankarenadosakitatelahdicabut.

Allah telahmembukajalan agar kitadiperdamaikandengandiriNyaolehkematianKristusYesus di kayusalibuntukmenggantikankita.Tetapipendamaianberkuasadanberlakubagikitamenurutsikapkita.
Pentingsekalikitamengertibahwa Allah takperlumemperdamaikandiriNyadengankita, melainkankitaharusmemperdamaikandirikitadengan Allah.KematianKristus di kayusalibadalahatasnamakitaataurekeningkita. HargapendamaiankitatidaklainadalahdarahKristus. Tetapi, ependamaianitumenuntuttindakandarikita, yaitupercayabahwaKristusadalahpendamaianitu.MenyambutDiakedalamhatikitasebagaiJuruselamat.

3. PELAYANAN PEMBERITAAN INJIL
"Iatelahmempercayakanberitapendamaianitukepada kami" (2 Kor5 : 19b)
Sebagaimana Allah maiberdamaidengankita, demikianlahkitaharusmempunyaikemauanuntukberdamaidengan Allah.Rencanapendamaianitu yang dibuat Allah tidakmemperhitungkanpelanggaran yang dibuatmanusia. (Rm5 : 18 _ 6 : 2 ). Dan sekarangIatelahmempercayakankitapelayananpendamaianitu. Dengan kata lain, memberitakanInjilNya. Olehkarenakitasudahterlebihdahulumengalamipelayananpendamaianitu yang kemudianmemberitakannyakepadasemua orang yang belummengenalKasihKarunia Allah.

Kehidupan orang-orang percaya yang sudahdiperdamaikandengan Allah hidupnyaharusdipersembahkankepadaKristus, yang telahmatibagikita.SamasepertiKristustidakhidupuntukdirinyasendiri, tetapiuntukkita.
"Tidakhidupuntukdirinyasendiri", artinyatidakmencarikesenangan, kepentingan, kemudianbagidirinyasendiri.

"Tetapi, untukDia" artinyamencarikemuliaanbaginamaNya.Seluruhwaktu, talenta, kekuatan, kepandaiandanhidup, semuanyauntuk Dia. KemudianKristusmelepaskankitadarikematiankekaldankebangkitanNyamendatangkanhidupkekal yang merupakanintidariPemberitaanInjil yang perludisampaikankepadasemua orang.
Kristus yang mati di kayusalib, yang takmengenaldosa di dalamdiriNyadijadikandosauntukkita yang tidakmempunyaikebenaran di dalamdirikita, dijadikanbenaroleh Allah di dalam Dia. Sehinggasetiap orang yang percaya, memperolehjaminanhidup yang kekal.

Dengandemikiankita yang percayakepadaNyadibenarkan di hadapan Allah Bapa, karenaYesusKristusdengankehendakNyasendiridijadikandosasebagaigantikita.ItulahisiintiPemberitaanInjil yang harusdisampaikankeseluruhdunia.