Selasa, 04 Juni 2013

Gereja Sebagai Tubuh Kristus


Gereja Sebagai Tubuh Kristus



oleh 
 
Matius Sobolim 



Gereja TUHAN
 
 
Gereja Sebagai Tubuh Kristus 
  1. Kepala tubuh memberi arah kepada setiap anggota.
  2. Setiap anggota tubuh harus bergantung pada anggota-anggota yang lain (1 Kor. 
    10”17) Tidak satupun anggota tubuh berguna jika hanya sendiri saja, dan satu-satunya cara agar dirinya berfungsi dengan baik adalah karena hubungannya dengan anggota-anggota tubuh yang lain secara keseluruhan. Jadi pesan dari gereja sebagai tubuh Kristus adalah “noone is useful alone and no-one can survive alone.”1
  3. Setiap anggota tubuh memiliki tempat yang unik dan penting dalam tubuh (1 Kor. 12: ) gambaran tentang anggota secara Positionally and functionally) perlu dijelaskan.


    Kristus adalah Kepala gereja.

Sebagimana dalam sebuah tubuh hanya ada satu kepala demikian gereja hanya memiliki satu kepala saja, yaitu Kristus (Ef. 5:23-24). Sebagaimana kepala tubuh manusia memberi arah kepada seluruh anggota tubuh, demikian Kristus adalah Pribadi yang memberi arah kepada seluruh anggota tubuh. Seluruh “coordinating, reflexes dan equilibrium berpusat pada kepala untuk memberi arah.”2 Gambran lain adalah bahwa seluruh anggota-anggota tubuh menerima hidup melalui nafas atau oxigen yang dibagikan dari kepala kepada sel-sel dalam setiap anggota tubuh melalui aliran darah, jika ada gangguan dalam aliran darah ini maka terbentuklah toksin-toksin yang kemudian menjadikan anggota tersebut menjadi numb dan selanjutnya bisa mati. Yesus berkata bahwa Firman yang dikatakan adalah Roh dan kehidupan (Yoh. 6:63), sehingga Firman Allah inilah yang menggerakkan, mendorong dan memberi kekuatan kepada setiap anggota tubuh Kristus. Setiap anggota tubuh yang tidak menginjikan FirmanNya hidup dalam dirinya, berarti memisahkan dirinya dari kehidupan tubuh yang hidup. 
 

Implikasi Theologis

Implikasi dari kebenaran ini adalah bahwa seluruh anggota-anggota tubuh, termasuk kepala tubuh haruslah tunduk kepada kekepalaan Kristus sebagai kepala gereja. Selain itu, setiap anggota tubuh yang menolak menerima hidup dari kepala akan mati sendiri.


Kesatuan Tubuh Kristus

Istilah gereja sebagai tubuh Kristus, menunjuk kepada gereja sebagai tubuh Kristus secara universal (Ef. 1:22; Kol. 1:18); maupun gereja sebagai tubuh Kristus secara lokal (1 Kor. 12: 27).



1Bill Chreidler, The New Testament Church and Its ministries: A Study of the Importance, Function and Miniistries of the local Church (Portland. Oregon: Bible Temple Publishing, 1980) 63.



2Paul A. Tanner, The Church, the Body of Christ (Anderson, Indiana: The Warner Press, 1959) 60